Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lonjakan Penumpang Mulai Terjadi di Kumai

Kompas.com - 07/08/2012, 13:23 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Lonjakan penumpang menjelang Lebaran sudah terjadi di Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Pihak pelabuhan berupaya menjaga ketertiban keberangkatan penumpang dengan menempatkan aparat keamanan.

Administratur Pelabuhan (Adpel) Kumai Agus Subagio saat dihubungi di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Selasa (7/8/2012), mengatakan, jumlah penumpang yang berangkat dari Kumai mulai meningkat.

Biasanya, 600-700 penumpang berangkat setiap kali kapal merapat. Jumlah tersebut sudah naik menjadi sekitar 1.000 orang saat ini. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi mulai H-7.

Pada H-15 hingga Lebaran mendatang, frekuensi kedatangan kapal ke Kumai 21 kali. Tujuan kapal yang berangkat dari Kumai adalah Semarang dan Surabaya.

"Kami berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI yang menugasi personelnya di pelabuhan untuk pengamanan," kata Agus.

Setelah Lebaran, puncak arus balik penumpang biasanya terjadi hingga H+15. Bahkan, sejumlah pemudik baru kembali satu bulan setelah Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com