Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grogol Masih Jadi Terminal Bayangan Jelang Lebaran

Kompas.com - 07/08/2012, 09:37 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepadatan kendaraan jelang Lebaran sudah diantisipasi oleh Dinas Perhubungan Jakarta Barat. Meski begitu, di wilayah Jakarta Barat masih terdapat beberapa titik kumpul terminal bayangan yang menjadi sumber kemacetan.

"Sumber kemacetan terjadi di beberapa titik karena menjadi terminal bayangan seperti Grogol, Kapuk, dan Srengseng," kata Umbul Gunawan, Kepala Seksi Operasional Sudin Perhubungan Jakarta Barat, Senin (6/8/2012) sore di Jakarta.

Umbul melanjutkan, terminal bayangan di Grogol sudah pernah ditertibkan. Walaupun sudah ditutup beberapa kali, tetapi masih ada beberapa bus yang menarik penumpang pada malam hari di wilayah tersebut. Sudah ada enam bus "nakal" yang diamankan oleh petugas Dinas Perhubungan terkait penertiban menaikkan penumpang di area rawan macet.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di terminal bayangan, Dinas Perhubungan sudah bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menertibkan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang tidak mematuhi peraturan pemerintah. Selain itu, beberapa petugas akan membantu mengarahkan penumpang.

"Polisi sudah disiagakan di sana selama 24 jam untuk ngarahin penumpang yang mau naik di sana. Calon penumpang diarahin ke Rawa Buaya yang menjadi terminal pembantu di Lebaran kali ini," katanya.

Umbul menambahkan, untuk mengurai titik kemacetan lainnya akibat terminal bayangan, dinas perhubungan dan pihak kepolisian sudah bersiaga untuk mengarahkan penumpang ke Srengseng dan Kapuk, Cengkareng. Kemudian memusatkannya di pinggir ring road tersebut agar mengurangi titik yang rawan kemacetan jelang Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com