Kompas.com - 07/08/2012, 02:11 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SOLO, KOMPAS.com Bank Indonesia Solo, Jawa Tengah, mengamankan uang pecahan Rp 100.000 sebesar Rp 4,6 juta dari tangan seorang penjual jasa penukaran uang yang menjadi korban penipuan seorang pemuda di depan rumah dinas wali kota, di Jalan Slamet Riyadi, Senin (6/8/2012).

Menurut keterangan korban penipuan, Joko, seorang pemuda mengendarai sepeda motor mendatanginya dan berniat menukarkan uang pecahan Rp 100.000 dengan ditukar Rp 20.000 dan Rp 10.000 sebesar Rp 4 juta serta memberikan uang jasa Rp 600.000.

Joko, warga Waringin Rejo, Sukoharjo, pun melayani permintaan pemuda tersebut. Joko yang memang membuka jasa penukaran uang di depan rumah dinas Wali Kota Solo tersebut lalu menyediakan uang sesuai permintaan si pemuda. Korban yang baru kali pertama berbisnis penukaran uang tersebut lantas panik saat mengecek uang milik pemuda dengan alat ultraviolet yang dibawanya dan mendapati uang itu ternyata palsu.

Pemuda tersebut pun langsung tancap gas melarikan diri sembari membawa uang milik Joko. "Saya sedang cek uang pelaku dengan alat yang saya bawa. Terus ketika tahu palsu, orang itu langsung kabur," katanya.

Joko yang gelisah pun mendatangi Bank Indonesia (BI). Kasir senior BI wilayah Surakarta, Siswanto, mengatakan bahwa penjual jasa tersebut datang ke BI untuk memastikan uang yang didapatnya palsu atau tidak. Meskipun terlihat mirip, kertasnya tipis, warna kertas merah pudar, dan warna nomor seri pun hitam memudar. Siswanto kemudian memastikan uang tersebut palsu.

"Pihak kami menyita barang tersebut serta menyerahkannya ke polisi untuk ditindaklanjuti karena hal ini sudah dua kali terjadi menjelang Lebaran," kata Siswanto.

Joko mengaku masih ingat ciri-ciri wajah pemuda yang menipunya, antara lain berbadan kecil dengan logat bahasa Jawa, dan menggunakan sepada motor jenis matik. Malang buat Joko, uang sebesar Rp 4 juta tersebut merupakan usahanya bersama teman-temannya, dan keuntungannya akan digunakan untuk Lebaran bersama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di musim Lebaran tahun lalu, Bank Indonesia Solo juga menyita uang palsu Rp 2,4 juta sesaat menjelang Lebaran.

Atas kasus ini, pihak kepolisian mengimbau agar penyedia jasa penukaran uang musiman lebih berhati-hati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.