Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Petugas Pemadam Kebakaran Tetap Siaga

Kompas.com - 03/08/2012, 19:49 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) Jakarta Pusat tetap menyiagakan petugas saat Hari Raya Idul Fitri nanti. Sebanyak 450 petugas disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran, khususnya pada rumah yang ditinggal mudik.

"Jumlah petugas yang kami miliki ada sebanyak 450 personel. Mereka semua akan siaga selama 24 jam menjaga wilayah dari kemungkinan terjadinya musibah kebakaran selama Lebaran dan paska Lebaran" kata Madanih, Kasudin Damkar dan PB Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2012).

Seluruh petugas Damkar dan penanggulangan bencana, terang dia, akan dibagi dalam tiga pleton. Setiap pleton berjumlah 150 orang.

Pleton A bertugas pada H-1 lebaran, pleton B dan pleton C masing-masing bertugas di hari berikutnya. Petugas pemadam kebakaran juga disiagakan saat malam takbiran, khususnya pada pusat-pusat keramaian di wilayah Jakarta Pusat.

Menurut Madanih, saat ini Sudin Damkar dan PB Jakarta Pusat menyediakan 25 unit mobil pemadam kebakaran, semuanya dalam kondisi baik dan siap digunakan. Madanih juga mengimbau warga Jakarta yang akan mudik, agar memperhatikan peralatan rumah tangganya yang menggunakan listrik.

Warga diminta untuk memutuskan arus listrik pada barang-barang elektronik yang tidak berfungsi ketika mereka meninggalkan rumah. Tujuannya, untuk berjaga-jaga menghindari dan mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran. Sebab, mayoritas kebakaran disebabkan korsleting listrik.

"Ada baiknya sebelum pergi mudik, cek peralatan rumah yang menggunakan listrik. Jika perlu, cabut listriknya atau matikan power listriknya untuk sementara," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com