Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faisal: Jangan Jadi Sutiyoso Lanjutan

Kompas.com - 23/07/2012, 10:18 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta jalur independen, Faisal Basri Batubara-Biem Triani Benjamin, gagal dalam Pilkada DKI Jakarta putaran pertama. Sementara itu, dua pasangan, yaitu Jokowi-Ahok dan Foke Nara, maju dalam putaran kedua.

Menanggapi hal tersebut, Faisal Basri Batubara memiliki pesan tersendiri bagi pasangan yang akan menyambut putaran kedua. Ia berpesan agar kebijakan yang dilakukan di Ibu Kota tidak menjiplak mantan Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Sutiyoso.

"Jadilah diri sendiri, jangan jadi Sutiyoso lanjutan. Seolah-olah yang ada sekarang ini sudah bagus. Enggak," katanya kepada Kompas.com seusai buka puasa bersama pendukung di Gelanggang Olah Raga Youth Center, Jalan Otista Raya, Jakarta Timur, Minggu (22/7/2012).

Ia menganggap gubernur DKI Jakarta setelah Sutiyoso kebanyakan menjiplak kebijakan gubernur yang ditunjuk langsung oleh Presiden tersebut. Padahal, banyak kebijakan yang dianggap tidak berpihak pada kepentingan orang banyak.

"Yang ditinggalkan Sutiyoso kebanyakan sesat," katanya.

Menurut ekonom Universitas Indonesia ini, yang paling penting dalam sebuah kepemimpinan adalah berani. Dalam konteks kepemimpinan DKI Jakarta, ia berharap sang gubernur terpilih ikut berpartisipasi dalam membangun Jakarta, bukan hanya menjiplak kebijakan sebelumnya.

"Kita harus berani untuk menjadi diri sendiri, mendesain Jakarta di luar dari kerangka sesat yang dibuat oleh Sutiyoso," kata Faisal Basri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com