Kompas.com - 21/07/2012, 20:02 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

KUPANG, KOMPAS.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mulai tahun ini mereformasi diri, di bidang penerimaan calon bintara prajurit karya dan tantama prajurit karya. Setiap pelamar cukup mendaftar di situs khusus penerimaan yakni http://rekrutmen-tni.ilmci.com.

Setelah mendaftar secara online, para calon kemudian menunjukkan bukti pendaftaran bersama sejumlah persyaratan. Penyerahan berkas selanjutnya ke panitia ini pun tidak melibatkan orangtua, wakil calon, calo, atau perantara mana pun.

Pendaftaran benar benar dilakukan secara transparan, jujur, dan tidak ada puingutan atau permintaan jenis barang apa pun.

Pihak orangtua yang mendorong putra dan putrinya menjadi calon TNI, merasa senang dan bangga atas reformasi yang terus dilakukan TNI. Salah satu calon bintara prajurit karya dari Kupang, Sabtu (21/7/2012) mengatakan, dirinya pernah melamar menjadi calon pelindung masyarakat di institusi lain tahun 2011, tetapi prosedurnya berbeda.

"Dulu lamaran ke institusi itu diserahkan langsung ke panitia. Di sana banyak orang mengakui diri sebagai panitia, dan berjanji meloloskan calon, jika menyerahkan uang antara Rp 50 juta - Rp 120 juta. Tahap pertama Rp 10 juta, dan seterusnya tergantung kesepakatan," katanya.

Ia menyebutkan, sejak ikut proses pendftaran calon TNI pada 9 Juli 2012, tidak ada orang yang menelpon atau menghubunginya minta bertemu atau berjanji meloloskannya, jika menyediakan sejumlah imbalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.