Kompas.com - 19/07/2012, 14:22 WIB
|
EditorFarid Assifa

KEDIRI, KOMPAS.com - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menemukan banyak produk makanan dan minuman yang beredar di masyarakat tanpa dilengkapi label keterangan kedaluarsanya. Hal tersebut berpotensi merugikan konsumen.

Temuan ini terungkap dalam pemeriksaan yang dilakukan pihak Disperindag di beberapa pasar tradisional maupun supermarket, Kamis (19/7/2012). Di pasar tradisional, pasar Pahing, Kecamatan Pesantren misalnya, petugas mendapati produk bumbu masak instan yang tidak dilengkapi standar baku sesuai peraturan. Misalnya tidak adanya perizinan hingga tanpa label produksinya.

Namun demikian atas temuan itu, petugas hanya meminta pedagang menarik semua barang tersebut supaya tidak jatuh ke tangan konsumen. "Tentunya hal ini berpotensi merugikan konsumen karena tidak ada keterangan apapun. Sebagai langkah awal kita lakukan pembinaan dahulu dengan mengarahkan pedagang agar menariknya," kata Ferry Hermawan, Kepala Seksi Perlindungan Konsumen, Dinas Perindustrian Perdagangan Kota Kediri di sela razia.

Sedangkan terhadap produsennya, Ferry Hermawan menambahkan, pihaknya berjanji akan menelusurinya untuk ditindak. "Kita lacak secepatnya," tandasnya.

Sementara menurut salah seorang pedagang, bumbu racik instan dengan beragam pilihan jenis masakan tersebut merupakan produk rumah tangga yang diminati pembeli karena harganya lebih murah dibandingkan produk serupa dari produsen besar. "Harganya murah lho, pak," kata Patemi, salah satu pedagang.

Selain penemuan barang tanpa label keterangan yang jelas, di pasar itu petugas juga menemukan produk bahan pangan dengan kemasan yang rusak dan yang habis masa kedaluarsanya.

Pasar Pahing merupakan pasar terbesar kedua di Kota Kediri. Di pasar yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Pasar Joyoboyo itu terdapat 700 pedagang. "Penghuninya mayoritas pedagang jenis bahan makanan dan minuman. Sisanya sekitar 100 pedagang adalah pedagang pakaian dan barang lainnya," kata Vicki Afrianto, Koordinator Pasar Pahing, PD Pasar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X