Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub: 30 Kapal Siap Beroperasi di Merak-Bakauheni

Kompas.com - 17/07/2012, 18:01 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Suroyo Alimoeso, mengatakan, 30 kapal siap beroperasi pada Lebaran 2012 di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni.

"Iya, Merak-Bakauheni itu formasi kapalnya sekarang ada 37 kapal, nanti siap guna operasi 32-33 kapal, dan nanti siap operasi kira-kira 30 kapal," sebut Suroyo, di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Selasa (17/7/2012).

Sekarang ini, kapal yang ada baru 28 kapal. Tapi, kata Suroyo, kapal yang dalam perbaikan (docking) akan datang. "Lalu yang baru datang akhir bulan ini sehingga jumlahnya bisa mencapai 33 kapal, dan yang benar-benar sehat operasionalnya sekitar 30 kapal," papar dia.

Dia menjelaskan, karena dermaga hanya ada lima, baik di Merak maupun Bakauheni, maka yang akan digunakan formasi 25 kapal. Dan lima kapal lagi akan digunakan kalau ada kekosongan. "Nanti kalau ada istirahat atau dermaga kosong, mereka bisa mengisi dengan yang lima sisanya," katanya.

Suroyo menambahkan, perbaikan pun sedang dilakukan di dermaga satu dan dermaga dua di Bakauheni. Perbaikan itu ditargetkan selesai minggu depan. "Kalau satu kapal empat trip misalnya, berarti ada 100 trip yang ditempuh. Kalau 24 jam seratus trip, berarti sudah cukup (memenuhi) demand yang ada di situ," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com