Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Bom Bali Buka Konferensi Internasional

Kompas.com - 16/07/2012, 21:13 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com--Film dokumenter yang diangkat dari kisah para korban tragedi Bom Bali I menandai pembukaan konferensi internasional para peneliti tentang Pulau Dewata, di Denpasar, Senin petang.

Film dokumenter kisah tragedi bom Bali yang berjudul "The Healing of Bali" ini merupakan karya John Darling, produser film dari Australia. Film tersebut diputar sekitar satu jam di depan 200-an peneliti dari dalam dan luar negeri.

"Kegiatan ini dilaksanakan serangkaian perayaan 50 tahun Universitas Udayana pada 19 September 2012," kata Rektor Universitas Udayana Prof Dr dr I Made Bakta saat menyampaikan sambutan.

Pada acara pembukaan konferensi yang bertema "Bali in Global Asia, Between Modernization and Heritage Formation" tersebut digambarkan mulai dari awal proses evakuasi korban bom, prosesi pembakaran (ngaben) jenazah korban yang berasal dari Bali, dan curahan hati keluarga korban yang ditinggalkan.

Di film ini juga diangkat penggalan penangkapan dan persidangan pelaku pengeboman, proses pemulihan korban yang masih hidup hingga berbagai upaya yang dilakukan keluarga korban untuk bangkit secara ekonomi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Ketut Suastika mengatakan, beranjak dari tragedi terorisme (bom) yang telah terjadi, perlu ada pemikiran untuk senantiasa mewujudkan keharmonisan bangsa. "Pemahaman mengenai nilai agama hendaknya integral dengan perilaku umat," ujarnya.

Ia berharap  konferensi ini juga berdampak posiitif terhadap pengembangan budaya lokal dan revitalisasi budaya sehingga tetap eksis mengikuti perkembangan zaman.

Konferensi tersebut akan berlangsung hingga 18 Juli 2012 di Gedung Pascasarjana Universitas Udayana, Jalan Sudirman Denpasar.

Dalam konferensi itu akan dibahas sekitar 100 makalah dengan berbagai topik berkaitan dengan Pulau Dewata, di antaranya mengenai  subak, pariwisata, sejarah, seni lukis, seni pertunjukan, media massa, politik, sastra, perdamaian, dan lingkungan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com