Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Tidur, La Komeng dan Ibunya Tertimpa Longsor

Kompas.com - 16/07/2012, 16:06 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com- La Komeng (10) tewas tertimbun longsor dari bukit di belakang rumahnya, di Wayame, Ambon, Maluku, Senin (16/7/2012) dini hari. Tubuh La Komeng baru bisa ditemukan, sekitar pukul 13.00 WIT tadi.

Ani Budi (45), ibu La Komeng, mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 02.00 WIT setelah hujan deras turun sepanjang hari Minggu hingga Senin. Saat itu, Ani Budi bersama La Komeng sudah tidur.

"Saya baru sadar saat hampir seluruh badan tertimbun longsor. Rasanya sakit sekali karena selain pasir ada bebatuan besar juga yang menimpa tubuh saya," katanya.

Dia baru bisa keluar dari timbunan longsor setelah dibantu warga. Setelah itu, dia bersama warga mencoba mencari La Komeng. Namun pencarian itu tidak berhasil.

Warga dibantu TNI, polisi, dan tim SAR kemudian membantu mencari La Komeng. Pencarian tidak mudah dilakukan karena harus secara manual, tanpa bantuan alat berat. Lokasi longsor yang berada di pemukiman padat penduduk tidak memungkinkan alat berat masuk.

Pencarian akhirnya berbuah sekitar pukul 13.00 WIT. Tubuh La Komeng ditemukan tertimbun material longsor setinggi sekitar dua meter.

Tewasnya La Komeng menambah banyak warga Ambon yang tewas karena longsor. Pada longsor tanggal 27 Mei dan 19 Juni lalu, 18 warga Ambon tewas tertimbun longsoran. Longsor juga mengakibatkan dua warga di Batu Meja, Ambon sempat tertimbun setelah rumahnya terkena longsoran bukit. Namun keduanya bisa diselamatkan warga.

Mereka kemudian dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com