Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Momen Agamis, Telkomsel Kuatkan Jaringan di Tapal Kuda

Kompas.com - 14/07/2012, 11:52 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Meningkatnya aktivitas masyarakat agamis di kawasan Tapal Kuda, Jawa Timur, menjelang bulan Ramadhan hingga Idul Fitri difasilitasi Telkomsel dengan memperkuat perangkat jaringan untuk mendukung kualitas suara dan data. Berdasarkan pengalaman, pada momen keagamaan itu aktivitas jaringan di kawasan Tapal Kuda melonjak hingga tiga kali lipat.

Head of ICT Network Management Jawa Timur Division Telkomsel Galumbang Pasaribu mengatakan, peningkatan aktivitas jaringan itu terjadi dari Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Jember, Banyuwangi, hingga Ketapang. Karena itu, pihaknya menyiapkan beberapa perangkat yang dimodernisasi, dari perangkat lama ke perangkat baru yang mampu menampung jumlah kapasitas 7750 SMS per detik atau setara dengan 670 juta SMS per hari di seluruh wilayah Tapal Kuda.

"Meningkatnya aktivitas karena warga Tapal Kuda juga meningkatkan aktivitas silaturahim antarsesama kerabat sesama Muslim," ujarnya, Sabtu (14/7/2012). Persiapan Ramadhan dan Lebaran kali ini, kata Galumbang, dilakukan dari jauh-jauh hari dengan terus menambah jumlah BTS yang saat ini berjumlah lebih dari 2.920 BTS 2G, termasuk 812 Node-B (3G) dengan bandwdith 20 Mbps per node B akan di-upgrade ke 100 MBps untuk kenyamanan menggunakan layanan mobile broadband.

"Hal ini seiring dengan terus bertambahnya jumlah pengguna data di Jatim yang naik sekitar 19 persen sepanjang tahun ini," katanya. Selain di kawasan Tapal Kuda, penguatan jaringan juga dilakukan di jalur Surabaya dan Madura, Batu, serta Kota Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com