Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Gempa 5,4 SR Guncang Morotai

Kompas.com - 22/06/2012, 06:22 WIB
Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Maluku Utara kembali diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,4 Skala Richter.

Gempa yang terjadi pada pukul 20.40 WIT, Kamis (21/6/2012) malam tadi berpusat di bawah laut dengan kedalaman 88 km, tepatnya di Barat Laut Pulau Morotai, Maluku Utara.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Maluku Utara merilis lokasi gempa berada pada titik 2.66 Lintang Utara dan 128.16 Bujur Timur. "Atau tepatnya 46 kilometer barat laut Pulau Morotai," jelas Aryo Fuazi, Kepala BMG Maluku Utara, Jumat (22/6/2012).

Pusat gempa sangat dalam, sehingga menurut Aryo tidak berpotensi tsunami. "Hanya getarannya saja yang terasa," tambah Aryo.

Gempa ini dirasakan getarannya oleh sebagian warga di Kabupaten Pulau Morotai. Sebagian pula tidak merasakannya.

Di Daruba Ibukota Kabupaten Pulau Morotai misalnya, banyak warga yang merasakan getaran gempa tersebut. Meski begitu, getarannya tidak terlalu kuat.

"Iya, saya juga rasa, tadi malam ada gempa bumi," ujar Yanto Samil (32), warga Wayabula Kecamatan Morotai Selatan Barat melalui sambungan telepon.

Warga yang merasakan getaran gempa juga tidak terlalu panik. Menurut Yanto, warga di Kecamatan Morotai Selatan Barat tidak terlalu menggubris dengan getaran gempa.

"Tidak ada apa-apa di sini. Aktivitas warga biasa-biasa saja. Bahkan mungkin ada warga yang tidak rasa ada gempa karena ada kesibukan. Soalnya getaran tidak terlalu kuat," jelas Yanto.

Sedangkan di pusat ibukota Kabupaten Pulau Morotai, Daruba, tidak merasakan getaran akibat gempa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com