Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPK Periksa Kekayaan Foke Dua Jam

Kompas.com - 12/06/2012, 11:39 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Selasa (13/6/2012), giliran petahana Fauzi Bowo yang akan menjalani verifikasi harta kekayaan di kediamannya di Jalan Teuku Umar 7, Jakarta. Verifikasi yang dilakukan oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini merupakan salah satu rangkaian yang harus diikuti dalam mengikuti Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2012 (Pilkada DKI Jakarta 2012).

Ketua Media Center Foke-Nara, Kahfi Siregar, membenarkan bahwa tim KPK mendatangi kediaman Fauzi Bowo untuk melakukan verifikasi harta kekayaan. Pemeriksaan ini berlangsung pada pukul 10.00 WIB. Berdasarkan data LHKPN yang dimiliki oleh KPK sebelumnya, calon gubernur petahana, Fauzi Bowo, tercatat memiliki harta paling banyak pada 2010. Total harta pria berkumis ini mencapai Rp 46,93 miliar. Adapun pasangannya, Nachrowi Ramli, tercatat hanya memiliki total kekayaan Rp 683,122 juta.

Namun, berdasarkan pemeriksaan beberapa waktu lalu, harta kekayaan Nachrowi Ramli mencapai Rp 15,7 miliar. Dengan rincian, harta tidak bergerak 8 bidang tanah senilai Rp 5,9 miliar, harta bergerak berupa alat transportasi dan mempunyai beberapa usaha Rp 1,5 miliar. Kemudian, surat berharga Rp 500 juta ditambah deposito, tabungan giro, dan tunai sebesar Rp 3,9 miliar.

Tidak hanya itu, ia juga memiliki tabungan dalam mata uang dollar AS sebesar 30.003 dollar AS dan piutang asuransi Rp 3,8 miliar. Hingga saat ini, tim KPK sebanyak lima orang masih melakukan pemeriksaan di dalam rumah petahana. Diperkirakan, pemeriksaan harta kekayaan di rumah dinas Fauzi Bowo ini akan berlangsung selama dua jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com