Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tongkang Itu Untuk Tempat Istirahat

Kompas.com - 06/06/2012, 16:15 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com- Tongkang APC Aussie 1 ang menabrak Jembatan VI, Rabu (6/6/2012), merupakan asrama terapung. Tongkang itu kerap difungsikan sebagai fasilitas pendukung anjungan pengeboran minyak dan gas di laut.

Manajer Pelayanan PT Batam Samudera Andre Moniaga menuturkan, tongkang itu pada saat ini sedang tidak disewa. Selama delapan bulan terakhir, tongkang lego jangkar di perairan Galang, Batam.

Penyewa biasanya memakai tongkang itu sebagai asrama untuk pekerja anjungan pengeboran lepas pantai. Tongkang 110 meter dan lebar 33,55 meter itu dilengkapi kamar-kamar.

Ada tiga tingkat di atas geladak yang dijadikan kamar-kamar. Selain itu tersedia pula tempat pendaratan helikopter di bagian paling atas. Tersedia pula sejumlah ruang multi fungsi yang biasanya dipakai tempat berkumpul atau tempat hiburan.

Sementara lambung kapal difungsikan sebagai gudang, ruang generator, dan ruang awak.

Tongkang itu tidak punya mesin penggerak dan kemudi sendiri. Untuk berpindah tempat, biasanya tongkang itu ditarik kapal tunda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com