Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berobat Tak Mesti Keluar Negeri

Kompas.com - 02/06/2012, 02:46 WIB

Manado, Kompas - Kecenderungan masyarakat Indonesia untuk berobat ke rumah sakit luar negeri perlu dibendung agar devisa tidak terbuang. Kehadiran rumah sakit berstandar pelayanan sebaiknya-baiknya di Tanah Air diharapkan meredam lajunya dana masyarakat ke luar negeri.

Hal ini disampaikan Pelaksana Menteri Kesehatan Ali Gufron pada Peresmian Hospitals Siloam Manado, Sulawesi Utara, Jumat (1/6). ”Rumah Sakit ini kami harap bisa dimanfaatkan sehingga orang-orang Indonesia tidak lagi membuang devisa ke luar negeri,” ujarnya.

Harapan senada diungkapkan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono saat meresmikan rumah sakit tersebut.

CEO Lippo Group James T Riady mengungkapkan, pihaknya termotivasi membangun RS di Indonesia Timur agar masyarakat di daerah terpencil bisa mengakses pelayanan RS yang terbaik tanpa harus ke Jakarta, apalagi ke luar negeri. ”Siloam hadir untuk membangun manusia, supaya standar mutu pelayanan internasional bisa terjangkau. Kita menerima Jamkesmas, Jamkesda, dan Askes. Ini bisnis, tetapi semua itu harus dikerjakan dengan hati,” ujarnya.

Acara itu juga dihadiri Presiden Lippo Group Theo Sambuaga dan Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang.

Rumah sakit yang dibangun dengan investasi 40 juta dollar AS di pusat kota Manado ini berlantai empat dengan kapasitas 240 tempat tidur. RS ini juga didukung 70 dokter spesialis dan lebih dari 300 tenaga medis. Selain ruang rawat inap, RS tersebut dilengkapi peralatan medis terkini yakni MRI 1,5 Tesla, CT Scan 128 slice, USG 4 dimensi, serta tele-medicine. (SON)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com