Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Solidaritas Pun Digelar di Parepare

Kompas.com - 31/05/2012, 17:39 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com - Puluhan jurnalis, bersama Lembaga Swadaya Masyarakat Kota Parepare yang tergabung dalam Relawan Komite Perlindungan Jurnalis dan Kebebasan Berekspresi Kota Parepare, menggelar demo di depan Monumen 40 Ribu Jiwa, di Jalan Sultan Hasanuddin, Kamis (31/5/201). Mereka menggugat kekerasan terhadap jurnalis yang berulang kali terjadi dalam beberapa pekan terakhir di sejumlah wilayah di Tanah Air.

Mereka melontarkan kecaman atas aksi oknum prajurit TNI Angkatan Laut di Padang, Sumatera Barat, yang menganiaya sejumlah jurnalis, saat meliput razia kafe yang digelar oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan warga, awal pekan ini.

Koordinator aksi, Upi Asmarada mengatakan, "Kita juga merasa sedih, karena kita mencatat sejak Januari hingga Mei 2012 ini ada 20 aksi kekerasan terjadi di Indonesia, baik itu yang dilakukan oleh TNI, Polisi, Penerintah, dan masyarakat. Tiga hari yang lalu, ada 10 jurnalis di Batam, Padang dan di Palu, 7 jurnalis di Padang dipukuli oleh oknum aparat TNI Angkatan Laut, sementara di Palu, dua wartawan dianiaya oleh masyarakat di SPBU, sedangkan satu di bacok aparat Pemerintah."

Aksi demo ini juga memajang poster berisi kecaman terhadap kekerasan jurnalis. Para wartawan pun sempat melemparkan kartu identitas wartawan mereka, sebagai bentuk penolakan terhadap kekerasan atas jurnalis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com