Kompas.com - 22/05/2012, 21:20 WIB
EditorBenny N Joewono

SAMARINDA, KOMPAS.com - Dua gedung Sekolah Dasar di Samarinda, Kalimantan Timur, terbakar pada Selasa dinihari, sehingga 700-an muridnya terpaksa diliburkan.

Wakil Wali Kota Samarinda, Nusyirwan Ismail, saat meninjau lokasi kebakaran menyatakan, ke-700 murid SD 001 dan SD 031 tersebut akan dipindahkan ke beberapa sekolah terdekat.

"Proses belajar mengajar SD 001 dan 031 akan dipindahkan ke sekolah terdekat yang tentunya masih satu gugus. Mareka akan diliburkan selama dua hari, untuk selanjutnya akan menjalani proses belajar mengajar di sekolah yang ditunjuk," ujar Nusyirwan Ismail, Selasa (22/5/2012).

Murid SDN 001, kata Nusyirwan Ismail, akan dipindahkan ke SD Katholik 2, sementara proses belajar mengajar SDN 031 dipindahkan ke SDN 011 dan SDN 022 di Jalan Ahmad Yani.

Pemerintah Kota Samarinda, kata Nusyirwan Ismail, tetap akan menganggarkan pembangunan kembali dua SD yang terbakar tersebut.

"Anggaran APBD 2012 dialokasikan untuk pembuatan desain dan pembangunannya direncanakan pada 2013. Dinas Pendidikan telah mengajukan desain sekolah ini yang akan dibangun dengan tiga lantai dan dilengkapi fasilitas memadai, tentunya juga disesuaikan dengan rasio murid," kata Nuyirwan Ismail.

Kebakaran yang menghanguskan dua gedung sekolah dasar (SD) di Jalan Gatot Subrot Gang 13, Kelurahan Bandara, Kecamatan Samarinda Utara itu berlangsung Selasa dinihari.

Selain dua gedung SD yang berada dalam satu areal di tengah-tengah kawasan permukiman padat. Musibah itu juga menghanguskan beberapa rumah warga di sekitarnya.

"Api mulai terlihat dari ruang dewan guru di SD 001 sekitar pukul 24.00 Wita, kemudian dengan cepat merambah ke ruangan lainnya," ujar Ismi (57), penjaga SD 001 dan SD 031, saat ditemui di lokasi kebakaran.

Sebelum melihat kobaran api, ia mengaku sempat mendegar ledakan dari ruang dewan guru SD 001.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.