Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merah Putih Berkibar di Jayapura

Kompas.com - 01/05/2012, 09:46 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com — Bendera Merah Putih berkibar di sepanjang jalan dari Sentani hingga Jayapura, Papua, Selasa (1/5/2012). Pengibaran puluhan bendera Merah Putih di median dan tepian jalan raya ini merupakan bagian dari peringatan integrasi Irian Jaya (sekarang Papua) dari Belanda ke Indonesia pada tanggal 1 Mei 1963.    

Selain banyaknya bendera Merah Putih yang dikibarkan, upacara bendera untuk memperingati bergabungnya Papua ke Indonesia digelar di Lapangan Khalkote, Sentani, yang berada di tepi Danau Sentani.      

Namun, sebaliknya, hari ini juga diperingati oleh mereka yang menginginkan Papua merdeka sebagai hari kemerdekaan. Karena itu, di sejumlah titik, mereka berkumpul dan bersiap berunjuk rasa. Atribut yang melambangkan bintang kejora terlihat dipakai sejumlah pengunjuk rasa.     

Beberapa titik berkumpulnya para pengunjuk rasa adalah lapangan di Sentani dan Waena. Banyak dari mereka sudah naik truk untuk berunjuk rasa di Jayapura. Ratusan polisi terlihat berjaga di dekat para pengunjuk rasa. Mobil water cannon pun disiapkan polisi. (APA/KOR) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com