Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buchori: Mobil Pribadi Pakai BBM Non-Subsidi

Kompas.com - 27/04/2012, 18:44 WIB
Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com — Wali Kota Probolinggo, Jawa Timur, HM Buchori sempat turut berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu. Namun, dia setuju bila BBM dilakukan pembatasan untuk menghemat BBM di Indonesia. Karenanya, Buchori mendukung penuh bila mobil dinas menggunakan BBM non-subsidi.

Selain mobil dinas pemerintah, Buchori sependapat bila semua mobil pribadi menggunakan BBM non-subsidi. Menurutnya, hal ini bisa membantu menghemat penggunaan BBM yang stoknya semakin menipis. Apalagi, pemerintah juga menyiapkan opsi ini selama BBM belum naik.

"Saya setuju semua mobil pribadi pakai BBM non-subsidi. Berapa pun CC-nya, sebaiknya menggunakan BBM non-subsidi. Selain penghematan BBM, ini juga bisa membatasi penggunaan mobil untuk mengurai kemacetan. Lihat di Surabaya, macet karena para karyawan bermobil," ujar Buchori, Jumat (27/4/2012).

Buchori menambahkan, BBM bersubsidi sebaiknya diberikan kepada mobil angkutan dan industri. Alasannya, mobil angkutan berkaitan dengan kepentingan orang banyak. Pihak industri juga layak mendapat BBM subsidi karena kaitannya dengan para tenaga kerja yang merupakan masyarakat. "Mobil angkutan dan industri itu kan membantu masyarakat dalam mencari nafkah untuk keluarganya. Jadi, mereka pantas mendapatkan BBM bersubsidi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com