Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banser Kerahkan 3.000 Personel Amankan Gereja di Jatim

Kompas.com - 07/04/2012, 21:53 WIB
Harry Susilo

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Gerakan Pemuda Ansor mengerahkan sebanyak 3.000 personel Banser (Barisan Ansor Serba Guna) untuk mengamankan pelaksanaan Paskah di seluruh gereja di Jawa Timur. Pengamanan ini bentuk kuatnya toleransi antaragama di Jatim.

Ketua Pengurus Wilayah GP Ansor Jawa Timur Alfa Isnaini mengatakan, terdapat sekitar 75-80 personel Banser yang diturunkan untuk turut mengamankan di tiap-tiap kabupaten/kota di Jawa Timur. "Kami berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengamankan pelaksanaan Paskah di gereja-gereja sampai hari Minggu (8/4/2012)," kata Alfa, Sabtu (7/4/2012).

Alfa menilai, kebhinekaan dan pluralitas di Indonesia perlu dijaga agar hidup berjalan dengan harmonis. Dengan mengamankan gereja, GP Ansor berharap tidak terjadi hal-hal yang mengganggu ibadah Paskah. Kita ingin semua umat di Indonesia merasa nyaman ketika beribadah," tutur Alfa.

Banser mulai berjaga-jaga di sejumlah gereja sejak Kamis (5/4/2012) malam. Pada Sabtu sore ini dilakukan gelar pasukan Banser di Ngawi, sebagai rangkaian pengamanan Paskah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com