Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbuatan Sederhana

Kompas.com - 03/04/2012, 02:14 WIB

Pesinden Sruti Respati (32) pada malam akhir pekan lalu tampil dalam peringatan Earth Hour di kawasan Ngarsapura, Solo, Jawa Tengah. Selain sebagai Duta Earth Hour Solo, kehadirannya juga untuk menyumbang suara dengan melantunkan lagu ”Bengawan Solo”.

Sruti mengaku, secara pribadi ia melakukan hal-hal sederhana yang ia harap bisa menyumbang upaya untuk menyelamatkan bumi. Sebut saja membuang sampah pada tempatnya, mematikan air yang tidak digunakan, serta sesedikit mungkin menggunakan kantong plastik dan tisu.

Kesadaran hemat energi berawal dari pertemuannya dengan seorang teman di sebuah mal. Kala itu, sang teman yang melihatnya menenteng kantong plastik belanjaan mengingatkannya tentang limbah plastik yang tidak ramah lingkungan. ”Untung saya jarang ke mal. Lebih sering ke Pasar Gede untuk jajan dawet, jajan pasar, dan makan nasi kare,” kata Sruti terkekeh.

Untuk belanja sehari-hari, Sruti mengandalkan penjaja sayur keliling langganannya. Pedagang sayur langganannya biasa mengantar belanjaan langsung ke dapurnya. ”Selain ramah lingkungan, tujuan saya juga untuk membantu ibu penjual sayur yang menghidupi keluarganya,” ungkap Sruti.(eki)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com