Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerbang DPR Terbuka, Demonstran Pilih Duduk-duduk

Kompas.com - 30/03/2012, 17:54 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua gerbang utama Gedung DPR/MPR telah dibuka paksa oleh para demonstran yang menolak kenaikan harga bahan bakar minyak, Jumat (30/3/2012) sore. Setelah menjebol pagar, demonstran lebih memilih duduk sambil mendengarkan pimpinan mereka berorasi dari atas mobil komando.

Para demonstran yang melakukan unjuk rasa tersebut terdiri dari dua elemen. Elemen buruh mendominasi gerbang sebelah kanan, sementara mahasiswa menduduki gerbang di bagian kiri. Gerbang yang pertama kali dibuka paksa adalah gerbang sebelah kiri oleh mahasiswa. Beberapa saat kemudian, para buruh pun berhasil membuka paksa gerbang sebelah kanan gedung wakil rakyat tersebut.

Dengan dibukanya gerbang utama Gedung DPR/MPR dan dirobohkannya pagar di sekitarnya, otomatis tak ada sekat lagi antara para demonstran dan gedung tersebut. Namun, para buruh maupun mahasiswa lebih memilih untuk melakukan orasi dan duduk-duduk.

Sementara itu, aparat kepolisian dengan pentungan dan tameng telah dalam posisi siaga jika setiap saat terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Tiga mobil water canon disiagakan di belakang barisan polisi berperisai. Polisi dan demonstran ini hanya berjarak belasan meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com