Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distribusi E-KTP Tunggu Rekam Data Selesai

Kompas.com - 29/03/2012, 17:50 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar daerah di Indonesia termasuk Jakarta telah menjalani rekam data untuk pembuatan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP. Pendistribusian lembar fisik e-KTP ini akan dilakukan di kota atau kabupaten yang proses perekamannya sudah selesai seratus persen.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Reydonniyzar Moenek, mengatakan, sampai saat ini pencetakan fisik e-KTP masih dilakukan. Untuk Jakarta, telah diserahkan sebanyak 6.000 lembar e-KTP jadi.

"Makin cepat selesai, makin cepat distribusi dilakukan. Sekarang kami terus lakukan pencetakan e-KTP," kata pria yang akrap disapa Donni tersebut, Kamis (29/3/2012).

Untuk pendistribusian lembar e-KTP, Kemendagri akan membagikan card reader untuk verifikasi e-KTP dengan pemiliknya yang sah. Dengan demikian, pendistribusian ini tidak salah sasaran dan sesuai dengan pemiliknya.

Saat ini, proses perekaman data e-KTP di Jakarta sudah mencapai 5,4 juta jiwa atau setara dengan 72 persen dari penduduk wajib e-KTP. Dengan demikian, masih ada sekitar 2 juta jiwa yang belum merekam ulang datanya untuk keperluan e-KTP. "Kami optimistis Jakarta mampu menyelesaikan target hingga akhir April mendatang," ujar Donni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com