Puting Beliung dan Pasang di Kalsel, Satu Tewas, 841 Mengungsi - Kompas.com

Puting Beliung dan Pasang di Kalsel, Satu Tewas, 841 Mengungsi

Kompas.com - 23/03/2012, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Akibat terjangan puting beliung dan gelombang pasang awal pekan ini, 841 warga masih mengungsi dan satu orang dikabarkan tewas, Jumat (23/3/2012).

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, warga masih mengungsi di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Banjar.

"Di Tanah Bumbu, seorang warga meninggal dan 640 orang masih mengungsi. Ada tiga rumah rusak total, 31 rumah rusak berat, 32 rusak sedang, 141 rumah rusak ringan, satu tempat ibadah rusak, satu jembatan jalan antardesa rusak, 47 bagang nelayan rusak, satu pos pelayanan kesehatan rusak. Adapun di Kabupaten Banjar masih ada 200 warga mengungsi," Sutopo memaparkan.

Kebutuhan mendesak bagi pengungsi adalah tempat penampungan, pembersihan lingkungan, sandang, alat dapur, dan perbaikan darurat. Sementara dari Kabupaten Tanah Laut dilaporkan ada kerusakan ringan beberapa rumah (masih dalam pendataan) dan tidak ada pengungsian.

Adapun kabupaten lain, seperti di Kota Banjarmasin dan Barito Kuala, untuk sementara tidak ada kerusakan berarti. Menurut Sutopo, masyarakat sempat panik karena isu tsunami merebak saat kejadian.


EditorRobert Adhi Ksp

Close Ads X