Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

900 Rumah di Selayar Disapu Puting Beliung

Kompas.com - 18/03/2012, 16:42 WIB
Aswin Rizal Harahap

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com- Hujan deras disertai angin kencang merusak sekitar 900 rumah di empat kecamatan di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Sabtu malam kemarin. Tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi sekitar pukul 22.00 Wita tersebut.

Kepala Kepolisian Resor Selayar Ajun Komisaris Besar Setiadi, Minggu (18/03/2012), mengemukakan, empat kecamatan yang dilanda puting beliung meliputi Passimasunggu Barat, Passimasunggu Timur, Kayuadi, dan Bontosikuyu. Wilayah tersebut berada di Pulau Bontosikuyu dan Jampea, sekitar 8-10 jam perjalanan laut dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba.

Menurut Setiadi, terjangan angin kencang memorakporandakan bagian atap rumah yang umumnya terbuat dari seng. Dinding bangunan yang kebanyakan berbahan bilik bambu pun roboh. Begitu pula dengan balok kayu yang menopang atap sebagian besar rumah runtuh akibat kencangnya embusan angin.

"Sedikitnya 13 rumah di Desa Bontobaru dan Bontojati, Passimasunggu Timur, rata dengan tanah," ungkapnya.

Lebih lanjut Setiadi menambahkan, pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar telah mendirikan sejumlah posko yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok darurat, seperti beras, mi instan, selimut, dan terpal.

Saat ini warga umumnya mengungsi ke masjid, balai desa terdekat, maupun ke rumah kerabat yang tidak terkena musibah puting beliung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com