Deklarasi Damai, Petinggi-petinggi Jakarta Hadir di Aceh

Kompas.com - 14/03/2012, 12:31 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BANDA ACEH, KOMPAS.com- Para kandidat gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh 2012 berjanji untuk menjaga perdamaian. Mereka juga menyatakan akan menerima kekalahan dan menghormati pihak yang menang.

Janji tersebut diucapkan secara bersama-sama oleh lima pasangan calon kandidat itu dalam acara Deklarasi Pilkada Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh 2012 di Masjid Baiturrahman, Banda Aceh, Rabu (14/3/2012).

Lima pasangan calon tersebut adalah Ahmad Tajuddin-Teuku Suriansyah, Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, Darni M Daud-Ahmad Fauzi, Muhammad Nazar-Nova Iriansyah, dan Zaini Abd ullah-Muzakkir Manaf.

Deklarasi tersebut dihadiri para pejabat negara, di antaranya Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Panglima TNI Djoko Laksamana Agus Suhartono, Kepala Polri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso, Ketua KPU A Hafiz Ansyari, dan Penjabat Gubernur AcehTarmizi A Karim.

Dalam janjinya, lima pasangan kandidat itu bersepakat melaksanakan Pilkada Aceh 2012 secara damai demi terwujudnya Aceh yang bermartabat, aman, damai, dan sejahtera. Memastikan agar massa pendukung mereka berkampanye sesuai aturan dan norma-nomar yang berlaku.

Berjanji untuk saling menghormati antara sesame peserta pilkada dengan tidak mengintimidasi, memprovokasi, atau melakukan tindakan yang dapat mencederai perdamaian dalam segala bentuk, demi pilkada yang demokratis di Aceh, ucap mereka dalam deklarasi itu bersama-sama.

Deklarasi sebanyak 4 butir itu dibacakan Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Muslim Ibrahim. Lima pasangan kandidat gubernur dan wakil gubernur tersebbut lalu menirukannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.