Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Kebumen Sebar Sketsa Dua Wajah Perampok

Kompas.com - 11/03/2012, 18:37 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Resor kbumen, Jawa Tengah, Minggu (11/3/2012) menyebar sketsa wajah dua dari enam pelaku perampokan Toko Emas Idama dan Pengestu di Pasar Tlogopragoto Mirit Kebumen, Kamis lalu. Wajah dua pelaku tersebut digambar dari keterangan para saksi karena helm yang dikenakan tanpa kaca penutup.

Kasubag Humas Polres Kebumen Ajun Komisaris Junani Jumantoro, mengatakan, untuk sementara baru dua wajah yang dibuat sketsanya. "Keduanya beraksi di Toko Idama. Untuk membuat sketsa wajah pelaku lainnya, kami mengalami kesulitan karena saat beraksi wajahnya tertutup kaca helm," jelasnya.

Dalam sketsa tersebut, salah satu pelaku berambut agak panjang. Badannya kurus, wajahnya yang mirip pelawak Gepeng dengan dipenuhi jerawat. Ia adalah perampok yang berada di dalam toko sambil mengacung-acungkan senjata api. Masih dalam sketsa itu, pria tersebut berkulit hitam, memakai hem motif kotak-kotak putih gelap, dengan tinggi 175-180 sentimeter, umur diperkirakan 30-40 tahun, dan menggunakan logat Sumatera.

Satu pelaku lain mengenakan dan kaos dalam warna krem. Tinggi badan sekitar 170 sentimeter, usia sekitar 40 tahun, berkulit sawo matang, dan menggunakan logat Sunda. Dia berada di luar toko dengan melepas tembakan ke atas dan ke bawah sebanyak delapan kali.

"Dua pelaku yang sudah dibuat sketsa wajahnya, kami masukkan ke dalam daftar pencarian orang. Agar kasusnya cepat terungkap, kami berharap jika ada yang melihat wajah seperti dalam sketsa, segera laporkan ke polisi," ujar Junani.

Untuk memperluas skala pengejaran, Polres Kebumen juga menyebar sketsa wajah kedua pelaku tadi hingga keluar Kebumen. Junani menambahkan, polisi juga mendapat petunjuk dari sidik jari yang diperoleh di lokasi kejadian. Saat ini sidik jari sedang ditelusuri dengan membandingkannya dengan sejumlah sidik jari para pelaku lama komplotan peampokan toko emas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com