Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Perempuan Masyarakat Pesisir Masih Terabaikan

Kompas.com - 09/03/2012, 14:34 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com- Perempuan memiliki peranan besar bagi perekonomian masyarakat pesisir, khususnya nelayan. Namun sayangnya, peran mereka ini masih terabaikan dalam kebijakan saat ini.

Dalam siaran persnya, Mida Saragih, aktivis dari Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan, Jumat (9/3/2012), mengungkapkan, perempuan di masyarakat nelayan memiliki kontribusi sebesar 48 persen untuk pendapatan keluarga tiap bulannya.

"Jadi, betapa strategisnya perempuan di daerah pesisir berpeluang mengubah keadaan. Sayangnya, hari ini, peran perempuan nelayan tidak diakui dalam konteks kebijakan pengelolaan sumber daya perikanan. Masih terjadi bias gender," ujar Mida.

Ketidaksetaraan gender dalam masyarakat dan bertambahnya beban akibat dampak pembangunan menjadikan perempuan di pesisir sulit keluar dari keterpurukannya. Untuk itu, terkait momentum Hari Perempuan Internasional, Kiara memandang perlunya ada perubahan paradigma berpikir di dalam upaya pembangunan dengan mulai menghilangkan bias gender.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com