Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CMI: Pemantau Asing Tak Diperlukan di Aceh

Kompas.com - 07/03/2012, 19:19 WIB
Mohamad Burhanudin

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Tim Perwakilan Crisis Management Inisiative (CMI), lembaga yang memediasi perundingan damai RI-GAM di Helsinki 2005, berkunjung ke Kantor Gubernur Aceh, Rabu (7/3/2012).

Seusai pertemuan dengan Gubernur Aceh, anggota perwakilan CMI, Benhard May, mengatakan, kehadiran tim pemantau asing dalam Pilkada Aceh tak diperlukan

”Pilkada di Aceh sekarang sudah dianggap pilkada biasa, seperti pilkada lain di daerah di Indonesia. Buat apa ada perhatian khusus. Ini sudah jalan seperti biasa,” ujar Benhard.

CMI dan Uni Eropa sudah memastikan tak akan mengirimkan tim pemantau ke Aceh. Mengenai berbagai kejadian kekerasan beberapa waktu terakhir di Aceh, dia mengatakan hal tersebut memang menyedihkan.

”Tapi, menurut Anda, itu tak berkaitan dengan masalah politik. Itu sangat menyedihkan dan bisa mengancam stabilitas Aceh. Tapi, menurut catatan kami dan diperkuat Gubernur Aceh, tak akan ada lagi kejadian-kejadian seperti ini di Aceh. Kami lihat situasi sementara ini cukup aman,” kata dia.

CMI juga menyambut baik langkah Partai Aceh mendaftar dalam Pilkada Aceh 2012. ”Ini menurut pendapat saya sebagai langkah yang baik dan akan membantu menyelenggarakan pilkada yang damai dan teratur,” kata dia.

Dalam waktu dekat, CMI juga akan bertemu dengan pemerintah pusat. Ada beberapa hal terkait dengan Aceh yang belum diselesaikan oleh pemerintah pusat demikian pula oleh Pemerintah Aceh sendiri. Salah satu hal yang belum diselesaikan adalah perihal aturan pelaksanaan. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com