Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Aceh Tak Henti Himbau Pikada Damai

Kompas.com - 04/03/2012, 15:10 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Penjabat Gubernur Aceh Tarmizi Karim, mengundang pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dan bersepakat menjalankan pilkada damai di Aceh. Para calon diundang dalam kegiatan coffee morning di Pendopo Gubernuran, Minggu (4/3/2012).

Menurut Tarmizi Karim, pertemuan yang bersifat kekeluargaan ini bertujuan untuk terus mewujudkan komitmen pelaksanaan pemilihan kepala daerah 2012 yang damai, lancar, aman, dan berkualitas, yang terbebas dari provokasi dan intimidasi.

"Dengan adanya pertemuan informal antarcalon seperti ini diharapkan energi positif dari silaturahmi itu dapat ditransfer ke berbagai pihak termasuk tim sukses dan jajaran pendukung masing-masing kandidat, sehingga di tingkat akar rumput dan semua elemen masyarakat dapat bersinergi positif mewujudkan kondisi yang damai dalam segenap tahapan Pemilukada," sebut Pj Gubernur.

Tarmizi Karim tak henti-henti menghimbau semua pihak untuk bisa mewujudkan pikada damai yang merupakan manifestasi pesta rakyat. "Bagaimana rakyat bisa benar-benar merasakan itu pesta jika di dalam hatinya mereka masih merasa tertekan dan takut," katanya.

Sayangnya, tidak semua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur hadir dalam pertemuan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari ini. Hanya pasangan Darni Daud-Ahmad Fauzi dan Ahmad Tajuddin-Teuku Suriansyah saja yang hadir lengkap. Sementara pasangan Muhammad Nazar-Nova Iriansyah, hanya dihadiri oleh calon gubernur Muhammad Nazar. Dan untuk pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, hanya di hadiri oeh Muhyan Yunan. Sedangkan pasangan Zaini Abdullah-Muzakkir Manaf yang diusung oleh Partai Aceh, tidak hadir sama sekali.

"Kalau Pak Irwandi ada di luar kota dan beliau sudah memberitahukan kepada saya. Sedangkan Pak Zaini dan Muzakkir Manaf juga sudah mengatakan kalau mereka tidak bisa hadir karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan di luar daerah. Tapi tak mengapa yang penting semua pesan damai ini sampai kepada semua pihak," ujar PJ Gubernur Tarmizi Karim.

Selain itu, sejumlah unsur muspida Aceh pun hadir dalam pertemuan tersebut, diantaranya Kapolda Aceh Irjen Po Iskandar Hasan, Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Adi Mulyono, dan Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Muslem Ibrahim. PJ Gubernur Aceh Tarmizi Karim juga mengingatkan, pihaknya juga akan menggelar komitmen dan seruan pilkada damai bersama semua calon pasangan kepala daerah pada pertengahan Maret yang akan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com