Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Longsor di Kupang Belum Diperbaiki

Kompas.com - 02/03/2012, 19:31 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com- Ruas jalan yang menghubungkan enam desa di Kecamatan Amabi Miomafo Timur dan Kecamatan Amabi Miomafo di Kabupaten Kupang longsor. Kerusakan itu terjadi sejak longsor musim hujan 2011 tetapi hingga saat ini belum juga diperbaiki.

Kerusakan itu semakin parah saat longsor susulan pada saat terjadi hujan Januari 2012.

Dominggus Manggoe (54), warga desa Oeniko, Kecamatan Amabi Miomafo Timur, Kabupaten Kupang, Jumat (2/3/2012), mengatakan, saat ini jalan hanya bisa dilalui sepeda motor dan mobil jenis pikap, sedangkan jenis truk dan bus tidak bisa lewat sama sekali.

"Sepeda motor dan pikap pun harus pelan pelan. Jika tidak, bisa tergelincir dan jatuh ke jurang," kata Manggoe.

Dua tim dari DPRD Kabupaten Kupang telah meninjau lokasi itu, demikian pula staf dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kupang. Ia mengatakan, enam desa yang tersebar di kecamatan Amabi Miomafo Timur dan Kecamatan Amabi Miomafo sulit mengakses ke pasar di Oesao.

"Hasil-hasil pertanian warga seperti jagung, padi, jagung, umbi umbian dan kacang kacangan sulit dipasarkan. Mereka semata mata bergantung pada jasa ojek dan mobil pikap," kata Manggoe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com