Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katakan "Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo"

Kompas.com - 28/02/2012, 12:00 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Tidak perlu bingung apabila Bandara Internasional Juanda tiba-tiba pindah dari Surabaya ke Sidoarjo, bahkan kalau disebut dua-duanya. Penyebutan Surabaya akan tetap dipertahankan, tetapi nama bandara tersebut akan ditambahkan kata "di Sidoarjo".

"Yang semula Bandara Juanda Surabaya menjadi Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo," kata Kepala Bidang Perhubungan Udara Dishub dan LLAJ Jatim Didik Sudiwinarto, Selasa (28/2/2012).

Penyebutan nama Sidoarjo menyusul surat dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor HK.301/1/18/DRJU.2012 tentang perubahan pengumuman Bandara Juanda Surabaya, yang diterima Dishub dan LLAJ Jatim, Senin kemarin. Surat tersebut, kata Didik, menindaklanjuti permohonan Ketua DPRD Sidoarjo tentang perubahan informasi lokasi Bandara Internasional Juanda.

Berdasarkan surat tersebut, pihaknya juga diminta menyosialisasikan kepada operator penerbangan yang mendarat di Bandara Juanda untuk menyebutkan perubahan nama lokasi itu ataupun pengumuman lain dalam pesawat.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengaku dirugikan karena selama ini nama Sidoarjo tidak pernah diumumkan kepada penumpang pesawat yang mendarat di bandara yang terletak di perbatasan sebelah utara Sidoarjo-Surabaya itu. Bahkan, mereka menganggap penyebutan nama Bandara Juanda Surabaya adalah suatu kebohongan publik. Lokasi bandara tersebut secara geografis memang di Kabupaten Sidoarjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com