Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Wali Kota Solo Yakin Esemka Lolos Uji Emisi

Kompas.com - 27/02/2012, 14:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

SERPONG, KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, berharap besar, mobil Esemka bisa lolos uji emisi di BTMP Puspitek, Serpong hari ini, Senin (27/2/2012).

"Saya dan rakyat Indonesia sangat berharap bisa lolos uji. Ini kan produk kita sendiri, yang uji orang kita sendiri juga," kata Rudi di Puspitek, Senin (27/2/2012).

Mobil Esemka telah menjalani proses pendinginan selama 6 jam dan mulai diuji di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi sekitar pukul 13.00.

"Nanti kalau sudah selesai kita tunggu dari Dirjen Perhubungan Darat seperti apa. Ya kalo tidak lulus dari mananya? Kita akan lalui sesuai tahapan dan mekanisme yang ada. Nanti kita balik lagi untuk uji emisi," kata Rudi.

Jika lolos uji emisi, Wali Kota Solo Joko Widodo atau Jokowi siap menyediakan infrastruktur. Rudi menjelaskan saat ini permintaan akan mobil Esemka sudah lebih dari 6.000 unit. Order mobil tersebut sudah bisa dilayani apabila sertifikat uji emisi sudah di tangan PT Solo Manufaktur Kreasi.

"Butuh waktu 4 bulan dan kira-kira bulan ke lima sudah bisa kita produksi minimal 100 unit dulu. Hingga nanti tanggal 17 Agustus sudah bisa diluncurkan. Bayangkan Indonesia mampu untuk memproduksi industri mobil," katanya.

Usai uji emisi selesai pada sore nanti, Rudi beserta rombongannya akan pulang ke Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com