Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

45 Napi Lapas Kerobokan Pulang Kampung

Kompas.com - 24/02/2012, 18:42 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS. com - Sejumlah 45 narapidana Lapas Kerobokan asal Jawa Timur akhirnya "pulang kampung" pada Jumat (24/2/12) sore tadi. Mereka dipindah ke sejumlah Lapas yang ada di Jawa Timur diantaranya Banyuwangi, Jember, dan Sidarjo.

Pemindahan ini menggunakan jalur darat dengan pengawalan ketat aparat polisi. 45 narapidana yang terdiri dari laki-laki dan wanita ini diangkut menggunakan 2 bus ukuran sedang milik Polda Bali.

"Mereka minta sendiri, ya kita uda janji," ujar Dirjen Pemasyarakatan Sihabudin, siang tadi.

Para napi ini memilih dipulangkan ke Jawa Timur supaya keluarga mereka lebih mudah untuk membesuk. Selain 45 napi yang dipindah ke Jawa Timur, secara bertahap napi yang berasal dari Bali juga dipindah ke tempat yang lebih layak. 8 napi dipindah ke Lapas Klungkung dan 10 napi lainnya ke Singaraja.

Sejak proses pemindahan kemarin, saat ini sudah 81 napi yang berhasil dievakuasi. Napi asing yang sebelumnya menjadi prioritas pemindahan justru memilih tetap tinggal di Lapas Kerobokan karena mereka belum siap beradaptasi di tempat baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com