Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas HAM Awasi Pelanggaran di Kerobokan

Kompas.com - 24/02/2012, 10:51 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Perwakilan Komnas HAM yang saat ini berada di Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan, Denpasar, Bali tidak hanya akan membantu proses mediasi antara narapidana dengan pihak lapas serta polisi, namun juga mengawasi aksi represif yang rentan pelanggaran HAM.

"Jika ada langkah-langkah represif kami akan memastikan tidak bertentangan dengan norma-norma hak asasi," ujar Wakil Komnas HAM RI Yosep Adi Prasetyo di Lapas Kerobokan Denpasar, Jum'at pagi (24/2/2012).

Yosep juga akan menengok tiga narapidana yang terluka saat terjadi tindakan aparat ketika menertibkan narapidana Rabu lalu. Saat ini ketiganya masih dirawat di Rumah Sakit Trijata, Denpasar.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, situasi di Lapas Kerobokan sudah kembali kondusif. Tidak tampak penjagaan ratusan polisi dan TNI seperti yang ada kemarin. Meski demikian, garis polisi masih terpasang di pintu gerbang lapas. Sejumlah polisi pun berjaga-jaga di depan gerbang pintu lapas untuk mensterilkan pengunjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com