Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Napi Asing Dievakuasi dari Lapas Kerobokan

Kompas.com - 23/02/2012, 18:15 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, Kompas.com - Evakuasi narapidana berkebangsaan asing dari Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan, Denpasar, Bali, sudah berlangsung pada Kamis (23/2/12) sore pukul 17.30 Wita. Sejumlah 12 WNA dipindahkan, yang terdiri dari 9 wanita dan 3 pria.

Menurut pantauan Kompas.com, proses evakuasi berlangsung lancar dan polisi tak kesulitan membawa mereka keluar dari lapas yang kembali berada dalam situasi tegang. Para napi tersebut dijemput dengan baik-baik, dan mereka pun keluar dengan aman.

Sembilan wanita tersebut akan dipindahkan ke lapas Karangasem, sedangkan tiga napi pria akan disebarkan ke beberapa lapas. Hanya saja, belum ada informasi lapas mana yang akan jadi tujuan ketiga napi pria tersebut.

Seperti yang diberitakan, ketegangan kembali terjadi di dalam lapas Kerobokan. Pihak keamanan pun mengambil langkah antisipatif dengan mengevakuasi napi WNA. Mereka (napi WNA) menjadi prioritas dalam proses pemindahan tersebut, supaya tidak dijadikan sandera oleh para napi di dalam lapas.

"Mereka bisa dijadikan objek sandera oleh napi yang memanfaatkan situasi ini. Apalagi peristiwa ini sudah menjadi perhatian internasional, mereka bisa saja dijadikan bargaining untuk tujuan mereka," ujar Kepala Penerangan Kodam Udayana Kolonel Wing Handoko.

Menurut petugas lapas, saat ini total jumlah napi asing di LP Kerobokan adalah 60 orang. Mereka berbaur dengan napi lain di dalam lapas, dan tidak dipisahkan dalam blok khusus. Artinya akan ada kesulitan memisahkan mereka dari napi lain. "Memang ada masalah itu, namun kemungkinan akan diterobos," kata seorang petugas di lapangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com