Jenazah Suparwono Harus Digotong 18 Orang

Kompas.com - 23/02/2012, 15:42 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

MENGGALA, KOMPAS.com — Dengan tinggi 242 cm, Suparwono (27) memang luar biasa. Ketika meninggal, pengurusan jenazahnya juga luar biasa. Kain kafannya saja perlu 39 meter untuk membungkus jenazah orang tertinggi di Indonesia itu. Bahkan, dibutuhkan 18 orang untuk mengangkat jenazahnya.

Berdasarkan pantauan di rumah duka di Dusun Tri Tunggal Jaya, SP VIII, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tuba Barat, Lampung, warga sempat kesulitan mengafani dan menggotong jenazah ke kendaraan yang membawanya ke pemakaman.

Bahkan, warga dan kerabatnya sempat terhuyung-huyung saat memindahkan jenazah berbobot 176 kg ini dari rumah duka ke sebuah mobil pikap yang digunakan khusus untuk mengangkut jenazah Suparwono.

”Kami terpaksa memakai mobil pikap karena keranda tidak akan muat,” tutur Sugito (65), ayah Suparwono. Jenazah Suparwono lalu dimakamkan di samping kuburan adiknya di ladang karet milik Sugito.

”Beberapa hari sebelumna, ia memang sempat ngomong jika meninggal minta dimakamkan di dekat adiknya. Tidak mau di pemakaman umum. Kami sungguh tidak menyangka ia benar-benar pergi,” tutur Sugito yang masih berduka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.