Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Turunkan Tarif Bagasi

Kompas.com - 23/02/2012, 13:35 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai bagian dari komitmen AirAsia untuk memberikan pengalaman terbang yang nyaman namun tetap hemat, maskapai ini meluncurkan tarif baru untuk pemesanan bagasi efektif mulai 22 Februari 2012.

AirAsia menurunkan tarif untuk bagasi dengan kapasitas 15 kilogram dan 20 kg, sementara maskapai afiliasinya untuk penerbangan jarak tempuh jauh, AirAsia X, menurunkan tarif bagasi untuk kapasitas 25 kg dan 30 kg. Kedua maskapai ini juga meluncurkan dua pilihan kapasitas bagasi yang baru, yaitu 35 kg dan 40 kg untuk memenuhi harapan penumpang akan kapasitas ekstra bagasi, namun tetap hemat.  

"Hadirnya pilihan kapasitas bagasi yang baru, yakni 35 kg dan 40 kg, juga membebaskan penumpang dari kekhawatiran akan beban biaya kelebihan bagasi yang dikenakan di konter di bandara," kata Direktur Utama Indonesia AirAsia, Dharmadi, Kamis (23/2/2012), di Jakarta.  

Tarif baru bagasi ini lebih hemat hingga 50 persen jika dipesan melalui online, dibandingkan jika dibeli di konter check-in di bandara. Ambil contoh tarif lama bagasi 20 kg untuk penerbangan domestik dari Rp 90.000 menjadi Rp 75.000. Sedangkan penerbangan internasional dari Rp 125.000 menjadi Rp 105.000.  

Melengkapi penawaran ini, AirAsia dan AirAsia X juga menawarkan tarif bagasi yang lebih hemat untuk peralatan olahraga. Mulai dari peselancar, pegolf, hingga Anda yang hobi bersepeda, kini semua dapat turut menikmati nyamannya terbang dengan membawa peralatan olahraga dalam penerbangan AirAsia (AK, FD, QZ) dan AirAsia X (D7).  

Baru-baru ini AirAsia juga menurunkan biaya untuk memproses pesanan dari Rp 25.000,- per penumpang per sektor, menjadi hanya Rp 15.000,- per penumpang per sektor, di samping juga meniadakan biaya untuk check-in di konter bagi seluruh penerbangan internasional di dalam jaringan AirAsia yang meliputi 152 rute, 77 tujuan penerbangan, serta 23 negara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com