Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Dubes AS ke Kudus

Kompas.com - 22/02/2012, 18:58 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

KUDUS, KOMPAS.com — Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel, Rabu (22/2/2012), mengunjungi Desa Undaan, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Dia meninjau dan meresmikan program peningkatan akses pelayanan air bersih dan sanitasi masyarakat desa tersebut.

"Presiden Amerika Serikat Barack Obama berpesan kepada saya agar Amerika Serikat menjadi partner kerja dan turut memajukan Indonesia," kata Scot.

Desa Undaan Tengah bakal menjadi percontohan pengembangan program peningkatan akses layanan air bersih dan sanitasi yang difasilitasi United States Agency International Development (USAID) dan Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene.

Program di Desa tersebut dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus dan Bank Syariah Mandiri (BSM) melalui kredit mikro biaya pemasangan sambungan.

Program itu ditujukan bagi masyarakat Indonesia berpenghasilan rendah. Konkretnya, masyarakat diberi kredit mikro agar memiliki sambungan air bersih PDAM dan sanitasi berupa jamban yang layak.

Dalam kunjungannya itu, Scot disambut anak-anak sekolah dasar yang melambai-lambaikan bendera Indonesia dan Amerika Serikat. Scot juga mengunjungi rumah dua warga Desa Undaan Tengah, Marfuah dan Hindiyati.

Scot berdialog tentang bagaimana keluarga tersebut mendapatkan air bersih melalui kredit mikro. Dalam kesempatan itu, Scot meminta pemerintah daerah dan masyarakat mempunyai semangat tinggi untuk melaksanakan program bantuan Pemerintah Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com