Ada Racun Sianida di Bangkai Satwa KBS

Kompas.com - 18/02/2012, 18:20 WIB
|
EditorHeru Margianto

SURABAYA, KOMPAS.com — Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri cabang Surabaya menemukan cairan zat racun sianida (CN) pada lambung seekor celeng goteng betina, koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang ditemukan mati pada 24 Januari 2012 lalu.

Hasil Labfor tersebut menjawab surat permintaan pemeriksaan toksilogi dari pihak pengelola KBS nomor 44/Ext/TPS- KBS/XI/2011 yang disampaikan kepada Polrestabes Surabaya, dua pekan terakhir.

''Berdasarkan laporan itu, hari ini tim Satuan Tindak Pidana Tertentu (Sat Pidter) akan turun ke KBS untuk melakukan penyelidikan,'' kata Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Farman kepada wartawan, Sabtu (18/2/2012).

Menurut Farman, tim akan mengumpulkan keterangan dan informasi seputar kondisi kandang, perawatan, makanan, dan petugas yang bertanggung jawab mengurusi satwa celeng tersebut.

''Kami tidak berani memastikan apakah hewan ini sengaja diracun oleh orang dalam atau orang luar. Lebih baik tunggu. Masih penyelidikan,'' ungkapnya.

Tim, kata Farman, juga akan menelusuri bagaimana racun sianida itu bisa masuk ke KBS hingga ke kandang celeng, mengingat KBS termasuk area publik sehingga siapa saja diperbolehkan masuk dan memberi makan ke satwa secara langsung.

Secara terpisah, Ketua Tim Pengelola KBS Toni Sumampau meminta agar semua pihak sabar menunggu hasil penyelidikan dan pemeriksaan polisi, terkait temuan racun sianida di salah satu koleksi KBS.

''Jangan terlalu cepat menarik kesimpulan. Kita tunggu saja hasil pemeriksaan polisi,'' ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.