Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Dingin, 600 Orang Tewas di Eropa Timur

Kompas.com - 15/02/2012, 23:45 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BUCHAREST, KOMPAS.com — Musim dingin yang ekstrem di sebagian besar wilayah Eropa, terutama di kawasan Eropa Timur, sudah menewaskan lebih dari 600 orang.

Musim dingin dengan temperatur minus yang menusuk dengan badai salju yang hebat yang belum pernah terjadi membuat banyak warga di sana terjebak di dalam rumah mereka. Salju tebal membuat mereka tak bisa keluar rumah dan akhirnya meninggal.

Otoritas Rusia, sebagaimana dikutip kantor berita AP, Rabu (15/2/2012), memberitakan, sekitar 205 warganya tewas akibat musim dingin yang mulai merambah kawasan itu sejak akhir Januari 2012. Sementara di Ukraina, sekitar 112 warganya tewas mengenaskan akibat musim dingin yang akut.

Sementara di Polandia, 107 warganya tewas terjebak dalam musim dingin yang praktis menutup jalan keluar warga dari rumah mereka. Kematian sekitar 35 orang terjadi di Hongaria, 20 orang tewas di Serbia, dan 10 orang tewas di Kosovo.

Badai salju dan tembok salju yang tebal membuat sekitar 23.000 orang terisolasi di 225 komunitas Romania selama lebih dari dua pekan akibat badai salju memblokade rumah dan melumpuhkan sistem lalu lintas kereta api.

Hampir 4.000 orang praktis terisolasi lebih dari satu pekan ini. Hari Rabu dilaporkan, mereka kini kehabisan makanan dan air serta obat-obatan. Otoritas Romania menyebutkan, tujuh warga tewas dalam 24 jam terakhir membuat total orang yang tewas akibat musim dingin akut di sana menjadi 86 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com