Kota Tomohon Mandi Abu Vulkanik

Kompas.com - 10/02/2012, 11:21 WIB
|
EditorWisnu Nugroho

MANADO, KOMPAS.com — Sebagian Kota Tomohon, Sulawesi Utara, berdebu setelah Gunung Lokon meletus pada pukul 08.20. Sebaran debu vulkanik Gunung Lokon diperkirakan mencapai Kota Tondano yang berjarak 20 kilometer dari Tomohon.

Wali Kota Tomohon Jemmy Eman, Jumat (10/2/2012), mengatakan, debu Lokon menyebar merata di dua kelurahan. Tomohon bagian selatan yang meliputi Kelurahan Matani, Wailan, dan Saroinsong mandi abu.

Debu tersebar ke rumah-rumah warga dengan ketebalan rata-rata satu sentimeter. Jalanan Kota Tomoho juga berdebu. Jumat siang, puluhan petugas kebersihan Kota Tomohon menyiram sejumlah ruas jalan.

Sesak napas

Akibat letusan Gunung Lokon, sejumlah warga menderita sesak napas dan membutuhkan masker untuk mencegah gangguan pernapasan.

Beno Moningka, warga Matani mengatakan, warga sempat panik ketika mendengar bunyi letusan Lokon yang kemudian mengeluarkan debu. Baru kali ini Kota Tomohon merasakan dampak letusan Lokon.

Dampak letusan Lokon sampai ke Tomohon karena angin bertiup ke selatan dan tenggara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Farid Ruskanda, yang menyaksikan letusan Lokon, mengatakan, letusan terjadi pagi hari dan mengeluarkan material vulkanik debu setinggi 2.000 meter. ”Gunung Lokon hanya sekali saja meletus,” katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.