Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

104 Orang Celaka di Jalan Setiap Hari

Kompas.com - 09/02/2012, 13:29 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengungkapkan angka yang cukup mencekat mengenai kecelakaan lalu lintas di Jawa Barat. Setidaknya setiap hari ada 104 orang terlibat dalam kecelakaan di jalan di Jawa Barat, angka tersebut berpotensi menambah jumlah anak yatim.

Hal tersebut dikemukakan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, dalam peresmian Apartemen Yatim yang berlokasi di Jalan Lodaya 91, Kota Bandung, Kamis (9/2/2012). Apartemen ini akan menaungi 60 anak yatim dari seluruh Jawa Barat setelah melalui seleksi ketat.

"104 orang yang mengalami kecelakaan, 80 persen melibatkan kendaraan roda dua. Asumsi saja, bila 90 persen penunggangnya adalah laki-laki, bila meninggal dunia bakal meninggalkan anak mereka menjadi seorang yatim," kata Heryawan.

Berdasarkan data Polda Jawa Barat, selama tahun 2011 terdapat 7.295 kasus kecelakaan lalu lintas dengan korban jiwa 3.032 orang. Angka tersebut lebih tinggi dari tahun sebelumnya yakni 6.787 kasus dengan korban 1.773 orang.

Heryawan menambahkan bahwa jumlah anak yatim di Jabar harus diwaspadi jauh hari sebelumnya. Pasalnya, mereka membutuhkan sokongan dari pemerintah untuk mencukupi kebutuhan dasar. Untuk tahun 2011 saja dana sebesar Rp 25 miliar dikucurkan untuk uang makan anak yatim.

"Itu jumlah yang kecil karena setiap anak hanya mendapatkan makan senilai Rp 3.000 sehari," ujar Heryawan.

Dia mengharapkan agar di masa mendatang anggaran untuk anak yatim bisa didongkrak agar lebih banyak lagi anak yatim yang bisa dipelihara oleh negara.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com