72 Regu Ikuti Lomba Wana Rally di TN Wasur

Kompas.com - 04/02/2012, 15:14 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

MERAUKE, KOMPAS.com - Sebanyak 72 regu mengikuti lomba lintas alam Wana Rally 2011 di dalam belantara hutan Taman Nasional Wasur Merauke, Provinsi Papua, Sabtu (4/2/2012).

Lomba lintas alam menyusuri rawa dan lebatnya hutan di dalam TN Wasur ini digelar, untuk mengenalkan dan juga menumbuhkan kecintaan terhadap Taman Nasional Wasur .

Kepala Balai Taman Nasional (TN) Wasur Merauke, Dadang Suganda, mengatakan, 72 regu dibagi dalam dua kategori, yaitu prestasi dan eksebisi.

Prestasi diikuti kelompok pelajar, mahasiswa dan pemuda (44 regu), sedangkan eksebisi diikuti kelompok SKPD (satuan kerja pemerin tah daerah) dan TNI/Polri (28 regu). Setiap regu terdiri dari 5 orang anggota sehingga lomba ini diikuti 360 orang peserta .

Lomba yang digelar Balai TN Wasur dan Pemeritah Kabupaten Merauke ini, juga diadakan untuk memeriahkan hari ulang tahun Kabupaten Merauke ke-110.

Dadang menuturkan, lomba dinilai dari ketepatan waktu, sikap dan perilaku peserta di dalam hutan, serta pengetahuan peserta. Selain harus berjalan menyusuri alam sekitar 10 kilometer, peserta juga diuji pengetahuannya dengan kuis di setiap pos.

"Saya surprise dengan banyaknya peserta, terutama dari kelompok pelajar dan mahasiswa. Mereka ini sasaran pokok untuk mencintai Taman Nasional Wasur ini," katanya.

Selain lintas alam Wana Rally, juga di gelar lomba dayung perahu tradional yang diikuti sebanyak 36 tim. Lomba dayung juga diadakan pada hari yang sama di rawa di dalam taman nasional wasur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.