Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

72 Regu Ikuti Lomba Wana Rally di TN Wasur

Kompas.com - 04/02/2012, 15:14 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com - Sebanyak 72 regu mengikuti lomba lintas alam Wana Rally 2011 di dalam belantara hutan Taman Nasional Wasur Merauke, Provinsi Papua, Sabtu (4/2/2012).

Lomba lintas alam menyusuri rawa dan lebatnya hutan di dalam TN Wasur ini digelar, untuk mengenalkan dan juga menumbuhkan kecintaan terhadap Taman Nasional Wasur .

Kepala Balai Taman Nasional (TN) Wasur Merauke, Dadang Suganda, mengatakan, 72 regu dibagi dalam dua kategori, yaitu prestasi dan eksebisi.

Prestasi diikuti kelompok pelajar, mahasiswa dan pemuda (44 regu), sedangkan eksebisi diikuti kelompok SKPD (satuan kerja pemerin tah daerah) dan TNI/Polri (28 regu). Setiap regu terdiri dari 5 orang anggota sehingga lomba ini diikuti 360 orang peserta .

Lomba yang digelar Balai TN Wasur dan Pemeritah Kabupaten Merauke ini, juga diadakan untuk memeriahkan hari ulang tahun Kabupaten Merauke ke-110.

Dadang menuturkan, lomba dinilai dari ketepatan waktu, sikap dan perilaku peserta di dalam hutan, serta pengetahuan peserta. Selain harus berjalan menyusuri alam sekitar 10 kilometer, peserta juga diuji pengetahuannya dengan kuis di setiap pos.

"Saya surprise dengan banyaknya peserta, terutama dari kelompok pelajar dan mahasiswa. Mereka ini sasaran pokok untuk mencintai Taman Nasional Wasur ini," katanya.

Selain lintas alam Wana Rally, juga di gelar lomba dayung perahu tradional yang diikuti sebanyak 36 tim. Lomba dayung juga diadakan pada hari yang sama di rawa di dalam taman nasional wasur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com