Kompas.com - 03/02/2012, 14:18 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Sekitar 2.000 hektar lahan jagung di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, telah beralih fungsi menjadi lahan kelapa sawit dan karet dalam beberapa tahun terakhir. Perubahan ini membawa dampak berupa menurunnya produksi jagung di Kalsel.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kalsel, Sriyono, Jumat (3/2/2012), menuturkan, tahun 2011 saja , misalnya, terjadi penurunan produksi jagung Kalsel hingga 8 .000 ton dari sebelumnya 116.000 ton menjadi 108 .000 ton.

Penyebabnya, salah satunya adalah berkurangnya luas lahan tanaman jagung yang terjadi di Tanah Laut, ujarnya. Saat ini Tanah Laut dikenal sebagai salah satu sentra perkebunan, terutama sawit di Kalsel. D aerah lainnya adalah Tanah Bumbu, Kota Baru, Tapin, dan Hulu Sungai Selatan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.