Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irwandi: Tak Ada Alasan Pilkada 9 April

Kompas.com - 30/01/2012, 19:34 WIB
Mohamad Burhanudin

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com- Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengatakan tak ada alasan bagi Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk memilih tanggal 9 April 2012 sebagai jadwal pemungutan suara. Pasalnya, calon perseorangan untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Aceh sudah gugur.

"Semestinya, azas penghematan dan efisiensi harus dipikirkan KIP untuk memutuskan hari H pemungutan suara. Sejauh mana itu seefisien mungkin. Bisa saja dimundurkan beberapa hari, tapi jangan berlebihan. Kan harus ada penghematan. Tanggal 9 April itu kan maksimal, tak harus dipenuhi. Kalau bisa 10 hari ya 10 hari. Apalagi, calon perseorangan tingkat gubernur sudah gugur," kata Irwandi, Senin (30/1/2012).

Meskipun keputusan KIP tersebut cenderung memihak kepada salah satu kontenstan, serta lebih mengakomodasi kepentingan kelompok tertentu, Irwandi mengaku akan tetap mematuhi putusan KIP tersebut yang merupakan tindak lanjut putusan MK.

"Saya tak mau lagi berprasangka. Ini keputusan hukum, harus dilaksanakan," ujar dia.

"Bola panasnya sekarang memang pada KIP. Apakah mau melaksanakan secara efisien atau terpengaruh juga hajatan satu anggota KIP yang mempengaruhi anggota lainnya," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com