Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Tambaklorok Perlu Dilindungi Dam

Kompas.com - 25/01/2012, 13:36 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Warga di Tambaklorok, Kelurahan Tanjungmas, Kota Semarang, Rabu (25/1/2012), kembali meminta Pemerintah Kota Semarang segera membangun dam pemecah ombak. Bangunan itu juga berfungsi melindungi rumah-rumah warga dari terjangan ombak ketika gelombang pasang air laut tinggi di perairan Laut Jawa.

Hal itu disampaikan warga kepada rombongan pejabat Pemkot Semarang yang dipimpin Wali Kota Semarang, Soemarmo HS, saat mengunjungi wilayah RT 15 di Kelurahan Tanjungmas, Semarang Utara, sekitar pukul 11.00.

"Kami sangat mengharapkan pemkot dan pihak pelabuhan bisa membangun dam pemecah gelombang sejauh 10 meter dari tepi perkampungan Tambaklorok. Dam itu juga bisa menjadi tanggul sehingga tidak ada tongkang atau kapal yang menghajar rumah penduduk saat gelombang pasang tinggi seperti sekarang ini," ujar Suheri, warga setempat.

Kunjungan Wali Kota Soemarmo HS ini juga meninjau dapur umum yang sejak kemarin disiapkan guna membantu warga yang tidak bisa memasak karena rumahnya kebanjiran air pasang.

Tingginya gelombang pasang laut Jawa di tepi pantai mencapai 2-3 meter, menyebabkan ratusan rumah terendam banjir antara 30-50 sentimeter. Wali Kota Semarang Soemarmo mengatakan, usulan pembuatan dam itu sedang dipelajari. Untuk pengamanan, pihak pelabuhan sudah membantu memasang beton-beton darurat sebagai tanggul darurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com