Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pipa Pertamina Bawah Tanah di Cilacap Bocor

Kompas.com - 20/01/2012, 19:30 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Pipa bawah tanah penyaluran bahan bakar minyak (BBM) Pertamina Refinery Unit/Unit Produksi IV Cilacap, Jumat (20/1/2012) bocor. Kejadian diketahui sekitar pukul 09.00 WIB, dan hingga sore hari masih dilakukan upaya perbaikan.

Public Relation Section Head PT Pertamina Refinery Unit/Unit Produksi IV Cilacap, Ruseno, membenarkan kejadian itu.

"Pipa bocor merupakan pipa IFO/IDS tahun 1976. Itu pipa transpor yang menghubungkan area 70 dengan kilang minyak," kata Ruseno.

Lokasi kebocoran, ungkap Ruseno, berada di perbatasan Desa Sidanegara dengan Desa Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan. Pipa tersebut berada di kedalaman tanah antara 1,5 meter hingga 2 meter.

Ratri, warga Cilacap, mengatakan, di sekitar lokasi kebocoran pipa di depan Politeknik Cilacap, keluar bau menyengat. Warga pun sempat panik.

Ruseno memperkirakan, tak banyak minyak yang terbuang. Saat ini, tim teknis Pertamina sedang berada di lokasi melakukan perbaikan.

Terkait penyebab kebocoran, Ruseno tidak bisa memastikan. "Usia pipa memang sudah tua. Kemungkinan itu bisa jadi salah satu faktor terjadinya kebocoran," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com