Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arak Putih untuk Bersihkan Patung Dewa

Kompas.com - 17/01/2012, 16:39 WIB
Irma Tambunan

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com- Upacara bersih-bersih kelenteng di Kota Jambi mulai berlangsung untuk menyambut hari raya Imlek yang jatuh pada Senin (23/1/2012) depan. Pembersihan patung dewa-dewa dalam kelenteng menggunakan arak putih dipercaya untuk mencerahkan wajah para dewa.

"Para dewa suka dibersihkan dengan arak putih. Kami meyakini, mereka menjadi tampak semakin bersinar," tutur The Lien Teng, rohaniwan di Kelenteng Sai Che Tien, Kota Jambi, Selasa ini.

Dewa utama dalam kelenteng, yaitu Dewa Hook Hi Tee Sien berukuran tinggi satu meter, dan snagat berat, sehingga umat membersihkan patung tanpa menurunkannya terlebih dahulu. Sedangkan patung-patung lainnya harus diturunkan, dilepas pakaiannya, lalu dicuci dengan arak.
Setelah itu, seluruh atribut dewa dipasang kembali.

Di Kelenteng terdapat Dewa Sam Ong Hu Tua Lang, Lam Hai Kwan Im, Hian Thien Siong Tee, Go Hu Tua Lang, dan Kwan Seng Tai Tee.

Setelah bersih-bersih kelenteng, umat memasang beragam lampion berwarna merah di langit-langit bangunan kelenteng. Bersih-bersih kelenteng merupakan tradisi menjelang Imlek.

Selama seharian, umat mencurahkan waktunya untuk menata tempat ibadah mereka. Pada hari berikutnya , mereka mulai membersihkan rumah masing-masing dan menyiapkan berbagai jenis makanan untuk menyambut tahun baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com