Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua Demokrat Siap Maju ke Jabar Satu

Kompas.com - 15/01/2012, 20:06 WIB

BEKASI, KOMPAS.com- Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Barat Iwan Ridwan Sulanjana menyatakan kesiapannya maju sebagai calon Gubernur (Jabar Satu) pada 2013 mendatang.

"Bila kader menginginkan saya maju sebagai Gubernur Jabar tentunya saya pribadi siap," kata Iwan seusai diskusi dengan tema, "Siapa Ketua Dewan Bekasi?" di Bekasi, Minggu (15/1/2012).

Iwan mengatakan, pencalonannya harus melalui mekanisme partai. Jika hasil polling di internal Demokrat menunjuk dirinya, maka dia akan maju sebagai kandidat Gubernur 2013-2018. Selain dirinya, kata dia, kader partai berlambang bintang mercy lainnya yang diprediksi juga akan maju sebagai kandidat Gubernur Jabar adalah Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf.

Dede yang sebelumnya berasal dari Partai Amanat Nasional (PAN) telah resmi menyeberang ke Partai Demokrat. "Namun untuk pencalonan ini tentu akan ada mekanismenya. Di antaranya, harus memenuhi unsur popularitas, elektabilitas, dan akseptabilitas. Penjaringan itu kita lakukan mulai Februari," ujarnya.

Menurut dia, popularitas bukan satu-satunya jaminan seorang kandidat bisa terpilih sebagai gubernur, bila tanpa diimbangi dengan dua faktor lainnya yakni elektabilitas dan ekseptabilitas.

"Kita umpamakan misalnya Tukul Arwana. Dia adalah orang terkenal di masyarakat, tapi belum tentu dia sanggup mengemban tugas sebagai gubernur," katanya.

Iwan menambahkan, sejumlah partai politik sudah ada yang mulai menjalin komunikasi terkait Pemilu Gubernur mendatang. Hal itu dinilai perlu untuk memantapkan strategi pemenangan kandidat terpilih nanti. "Sudah ada yang mulai melakukan penjajakan. Tapi kami belum bisa menyebutnya saat ini," katanya.

Terkait wacana koalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), menurutnya sulit terwujud. Sebab, PKS tak ingin menjadi nomor dua atau hanya mencalonkan sebagai wakil gubernur. "Saya juga tak mau menjadi nomor dua, begiu pula PKS," demikian Iwan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com